Translate

Populer Posts

Monday, August 8, 2016

KKN UTM mengadakan Sosialisasi Pengembangan Produk kepada Masyarakat

Sumenep, 1 Agustus 2016) Kelompok 5 KKN Universitas Trunojoyo Madura yang berada di Desa Jadung, Kecamatan Dungkek - Sumenep menyelenggarakan kegiatan bertajuk “Sosialisasi Pengembangan Produk dan Musyawarah pembentukan kelompok Usaha Desa Jadung”. Pelaksanaan kegiatan ini kelompok KKN 5 bekerjasama dengan aparat desa Jadung dan Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep. Kegiatan tersebut dilakukan di kantor kepala desa Jadung.
Dilaksankannya program ini bertujuan untuk;
1.    Terbentuknya Kelompok Usaha yang dijalankan oleh masyarakat Desa jadung.
2.    Memberikan pengetahuan kepada masyarakat Desa Jadung tentang pengolahan potensi lokal yang ada di Desa Jadung.
3.    Terciptanya produk pangan maupun non-pangan berbahan dasar potensi local maupun modifikasi produk yang sudah ada di Desa jadung.
Kegiatan ini disambut positif oleh masyarakat desa Jadung, kurang lebih 50 orang yang mewakili 5 dusun yang ada di desa Jadung menghadiri acara pada siang hari itu. Diundangnya Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep pada siang itu untuk memberikan pemahaman kepada warga terkait pentingnya kebersihan tempat produksi dan cara produksi yang baik dan higenis, mengingat bahwa sebagian besar penduduk desa Jadung berprofesi sebagai penghasil gula merah. Ibu DR. Laos S.E memaparkan bahwa dalam kegiatan produksi gula siwalan harus memenuhi kriteria seperti bersih dan higienis. Dalam kesempatan yang sama, Beliau juga menjelaskan mengenai pemakaian obat kimian sebgai tambahan di proses pengolahan gula.
Tujuan utama dari kegaiatan ini ialah terbentuknya kelompok usaha yang mau memproduksi produk berbahan dasar potensi alam yang ada salah satunya ialah Kacang Kayu. Tanaman ynag tidak banyak diketahui dan dimanfaatkan ini disulap menjadi minuman instan serbuk layaknya kopi-kopi instan yang ada di pasaran.

0 komentar:

Post a Comment