Translate

Populer Posts

Thursday, July 28, 2016

Jadung Semanis Gula Merah

Desa Jadung adalah salah satu desa di Sumenep Madura yang memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah. Sepanjang jalan dan tanah lapang membentang di desa Jadung kita akan melihat pohon Siwalan yang tinggi menjulang. Desa ini memang dikelilingi pohon Siwalan yang memiliki banyak guna. Hampir seluruh warga memiliki pohon Siwalan yang memiliki banyak guna tersebut. mereka bisa mengambil buahnya untuk dikonsumsi. selain itu mereka juga bisa mengambil air niranya untuk dijadikan gula merah.
Pagi-pagi sekali para pemanjat dengan sigap akan naik turun pohon Siwalan yang memiliki tinggi sekitar 5 meter itu. sedangkan di rumah para istri akan menyiapkan tungku dan kayu bakar untuk memasak nira yang akan dibawa oleh suami mereka nanti. Pengolahan air nira hingga menjadi gula merah ini sekitar 7 jam agar mendapatkan hasil gula merah yang baik. Air nira direbus hingga mengental sekitar 4 jam dengan api besar, saat sudah mengental barulah air nira tersebut diaduk sampai berubah warna menjadi merah kecoklatan dengan tekstur yang sangat kental. sebelum adonan gula merah mengeras adonan dituang dalam cetakan yang terbuat dari batok kelapa dan ditunggu hingga mengeras. 
1kg gula merah berisi sekitar 7 cetakan batok  kelapa.  1kg gula merah tersebut dihargai 15rb rupiah. dalam satu kali produksi mereka dapat menghasilkan sekitar 7kg gula merah.
Sayangnya potensi sumber daya alam di desa jadung tidak semua dimanfaatkan oleh warganya. Meskipun jumlah pohon Siwalan di desa Jadung sangat banyak akan tetapi tidak semua orang memiliki keahlian memanjat sehingga banyak pohon Siwalan yang terbengkalai begitu saja. Buah Siwalan juga dibuang begitu saja. Dalam hal pemasaran beberapa problem juga menjadi kendala gula merah desa jadung ini tidak bisa mencapai pasar yang luas.
Gula merah desa jadung memiliki kualitas yang sangat baik, memiliki ketahanan yang lebih lama dengan melalui cara pembuatan yang alami dan manual menjadi nilai tambah bagi gula merah Jadung ini. Semoga kedepannya, warga desa Jadung dapat mengangkat nilai jual gula merah dengan berbagai inovasi sehingga mereka juga bisa mengecap manisnya potensi desa jadung yang semanis gula merah buatan mereka.

0 komentar:

Post a Comment